RPP TAHFIDZ K-13 KELAS VII

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Sekolah                       : SMP Madani Islamic School

Mata Pelajaran            : Tahfidz

Kelas/Semester            : VII/ Genap

Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit

A.   Kompetensi Inti

KI 1  :    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tangung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam    berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI 3  :    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :    Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkrit (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

 

B.    Kompetensi  Dasar dan Indikator

        Hari Ke-1

No.

Kompetensi Dasar

 

Indikator

 

1.

4.1.  Membaca surat Al-buruuj dengan fasih dan benar

4.2. mengetahui hukum bacaan Al-Qomariah dan Al-Syamsiah

4.1.1. Membaca surat Al-Buruuj ayat 1-10 dengan fashih dan benar.

4.2.1. Menyebutkan hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiah pada surat Al-Buruuj ayat 1-10.

 

 

 

 

C.   Tujuan Pembelajaran

        1. Setelah menyimak, siswa dapat  membaca surat Al-Buruuj ayat 1-10 dengan fashih dan benar.

        2. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiah pada surat Al-Buruuj ayat 1-10.

       

D.   Materi Pembelajaran

Membaca Al-Qur’an surat Al-Buruuj 1-10 ayat

1.       وَالسَّمَاء ذَاتِ الْبُرُوجِ

2.       وَالْيَوْمِ الْمَوْعُودِ

3.       وَشَاهِدٍ وَمَشْهُودٍ

4.       قُتِلَ أَصْحَابُ الأُخْدُودِ

5.       النَّارِ ذَاتِ الْوَقُودِ

6.       إِذْ هُمْ عَلَيْهَا قُعُودٌ

7.       وَهُمْ عَلَى مَا يَفْعَلُونَ بِالْمُؤْمِنِينَ شُهُودٌ

8.       وَمَا نَقَمُوا مِنْهُمْ إِلاَّ أَن يُؤْمِنُوا بِاللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ

9.       الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

10.   إِنَّ الَّذِينَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوبُوا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ

 

E.  Metode dan Model Pembelajaran

¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)

¡  Metode               :  Tahfidz Takriron, Demonstrasi, Penugasan.

 

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.      Alat/bahan :

§  White bord

§   Spidol

2.      Sumber pembelajaran :

§  Al-Qur’an

§  Juz ‘Amma

§  Buku Tajwid

 

G.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

§  Pada awal pembelajaran, guru memberikan salam, menyapa siswa menanyakan kabar, mengondisikan siswa. Guru meminta siswa berdoa bersama dipimpin oleh siswa yang ditunjuk, dilanjutkan dengan muroja’ah juz 30, absensi dan infak harian.

§  Guru memotivasi belajar siswa dengan yel-yel atau game

·       Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

·       Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

·       Guru melakukan Pre Test untuk menjajagi pemahaman awal siswa.

·       Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai..

 

10 Menit

Kegiatan Inti

 

§  Siswa di minta membuka Al-Qur’an / Juz Amma surat Al-Buruuj ayat 1-10.

§  Dengan bimbingan guru siswa membaca surat Al-Buruuj ayat demi ayat secara klasikal, kelompok, dan perindividu.

§  Siswa diminta mengulangi bacaan surat Al-Buruuj ayat 1-10 tanpa bimbingan guru.

§  Secara acak Siswa diminta membaca surat Al-Buruuj dengan cara sambung ayat dari ayat 1-10.

§  Guru membenarkan bacaan siswa bila ada kesalahan.

§  Guru menjelaskan hukum tajwid tentang Al-Qomariyah dan Al-Syamsiah.

§  Guru memberikan contoh kalimat Al-Qomariyah dan Al-Syamsiah.

§  Tanya jawab siswa dan guru tentang hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiah.

§  Siswa ditugaskan mencari hukum bacaan Al-Qomariyah dan Al-Syamsiah pada surat Al-Buruuj ayat 1-10 dengan cara menggaris bawahi.

60 Menit

Penutup

 

§  Guru mengevaluasi hasil kerja siswa dan siswa diminta untuk melakukan refleksi dengan cara menjawab beberapa pertanyaan dengan jujur dan tanggung jawab.

§  Guru mengarahkan siswa untuk belajar di rumah mengulang ulang hafalan surat Al-Buruuj ayat 1-10.

§  Guru memberi salam penutup. Kemudian, guru meminta siswa untuk memimpin doa saat selesai pelajaran.

10 Menit

 

 

H.   Teknik dan Instrumen Penilaian

Penugasan

1.      Bacalah QS. Al-Buruuj dengan baik dan benar

2.      Lanjutkan bunyi ayat 1 dalam QS. Al-Buruuj.

3.      Sebutkan hukum bacaan Al-Syamsiah dan Al-Qomariyah  yang terdapat pada ayat 1 pada QS. Al-Buruuj

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

. . . . . . . . . . .. . . .

NIP.

Cilegon, 04  Januari  2021

Guru Tahfidz

 

 

 

Syifa Auliaul Fitri, S.Pd

NIP.

 

Komentar